Gandeng UPTD Metrologi, Polres Pasuruan Kota Sidak SPBU Antisipasi Kecurangan Jelang Lebaran 

Polres Pasuruan Kota bersama UPTD Metrologi saat melakukan pengecekan di SPBU/Ist
Polres Pasuruan Kota bersama UPTD Metrologi saat melakukan pengecekan di SPBU/Ist

Polres Pasuruan Kota melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah SPBU di wilayah Kota Pasuruan, Jumat (29/3).


Dalam sidak ini, Polres Pasuruan Kota menggandeng Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Metrologi Legal Dinas Perdagangan Kota Pasuruan untuk melakukan pengecekan pada mesin alat takar.

Lokasi SPBU yang dilakukan pengecekan adalah SPBU Pertamina 54.671.32 Jalan KH Hasyim Ashari, Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul, SPBU Pertamina 54.671.01 jalan Ir H Juanda, Bugul Kidul, Kecamatan Bugul Kidul, SPBU Pertamina 54.671.18 Jalan A Yani, Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Menurut Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jati, kegiatan ini untuk antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan melakukan pengecekan ketersediaan bahan bakar menjelang mudik Lebaran 1445 H.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan tanpa khawatir kehabisan bahan bakar.

Dalam patroli tersebut, kata AKBP Makung, petugas memeriksa SPBU dengan cermat dan memastikan  tidak terjadi pencampuran air atau bahan lain yang dapat merugikan konsumen.

“Kami ingin memastikan ketersediaan BBM cukup dan sesuai dengan standar, dan tidak ada manipulasi,” ujar AKBP Makung dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

AKBP Makung juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan bahan bakar secara bijak dan tidak menimbun bahan bakar untuk kepentingan pribadi.

Dari hasil patroli ini, Polres Pasuruan Kota bersama Dinas Metrologi Kota Pasuruan belum bisa menyampaikan secara langsung hasil temuannya karena masih ada beberapa tahap pengujian yang harus dilakukan untuk menjamin keakuratan hasil temuan tersebut.