SMK di Jatim Juara I LKS SMK XXVIII

Kompetisi secara daring/dok hms
Kompetisi secara daring/dok hms

Salah satu SMK di Jawa Timur (Jatim) keluar sebagai juara pertama Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). LKS tahun ini berbeda, siswa mengikuti secara daring.


“Di tengah kondisi pandemi ini kita diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII 2020 secara daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ini merupakan bukti komitmen PT Kawan Lama Sejahtera yang bekerja sama dengan PT Mitutoyo Indonesia serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus mendukung kualitas pendidikan, khususnya pendidikan vokasi di Indonesia,” ungkap Direktur PT Kawan Lama Sejahtera, Albert Primusanto, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (25/10) malam.

Meskipun digelar secara daring, namun tidak menyurutkan semangat para peserta lomba Metrologi yang terdiri dari 14 siswa SMK di 14 provinsi di Indonesia, yaitu Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Barat. 

Demi mengikuti lomba ini, mereka sudah mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatan lomba dengan matang, beberapa minggu sebelumnya. Peralatan lomba Metrologi yang harus disiapkan terdiri dari Micrometer, Caliper, Dial test indicator, Dial height gage, Black granite, Stand F/Granite, sarung tangan, benda kerja, serta setting standard. 

Tak hanya itu, untuk mendokumentasikan proses jalannya lomba secara daring, siswa serta guru pembimbing pun menyiapkan peralatan pendukung, seperti 4 buah kamera atau handphone yang dilengkapi dengan stand, laptop, kalkulator, meja, dan kursi. 

Selain peralatan pendukung tersebut, untuk menghadapi kompetisi ini para siswa juga menyiapkan kesehatan fisik serta mental agar dapat berkompetisi dengan maksimal. Karena pertama kali digelar secara daring, tentu dalam pelaksanaannya menuai cerita menarik dari para peserta.   

Kompetisi Metrologi ini dibagi menjadi dua tes, yakni tes teori dan praktik. Penjurian tes ini dilakukan juga secara daring di Hotel Harris, Bandung. Peserta akan dinilai berdasarkan ketepatan nilai hasil ukur, metode pengukuran, pemilihan alat ukur, keselamatan kerja, dan presentasi proses pengukuran. 

Dalam LKS SMK XXVIII 2020 bidang lomba Metrologi tersebut juara pertama adalah Aghata Helme Affataqur Rozaqi (SMK PGRI Wlingi Blitar, Jawa Timur), juara kedua Muhammad Ardian Satya Nugraha (SMKN 1 Magelang, Jawa Tengah) dan juara ketiga Amalia Franciska (SMKN 2 Pengasih, DI Yogyakarta) 

LKS SMK XXVIII tahun ini hadir dengan tema “Melejitkan Prestasi di Bidang Vokasi di Masa Pandemi” lewat 42 bidang lomba, pada tanggal 18-24 Oktober 2020. 

Sebagai komitmen dalam mendukung program link and match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan dunia pendidikan kejuruan bagi siswa SMK, PT Kawan Lama Sejahtera kembali ikut serta menguji kompetensi siswa SMK untuk bidang lomba Metrologi atau pengukuran di gelaran tersebut. 

LKS tahun ini berbeda dengan LKS pada umumnya. Kali ini siswa diajak untuk bersahabat dan berkolaborasi dengan teknologi daring lewat tagar #JujurItuJuara #BerprestasiDariRumah #SemangatMenolakMenyerah.