Delapan Tahun Negosiasi Panjang, Akhirnya RCEP Ditandatangani Hari Ini

Perjanjian RCEP ditantangani oleh 15 negara pada penutupan KTT ASEAN ke-37 pada Minggu, 15 November 2020/Net
Perjanjian RCEP ditantangani oleh 15 negara pada penutupan KTT ASEAN ke-37 pada Minggu, 15 November 2020/Net

Sepuluh negara ASEAN dan lima negara mitranya menandatangani kesepakatan dagang terbesar di dunia, yaitu Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada hari ini, Minggu (15/11).


Dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, setelah delapan tahun melakukan negosiasi, RCEP pada akhirnya ditandatangani oleh para pemimpin negara dari 10 anggota ASEAN bersama dengan China, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

RCEP menjadi perjanjian perdagangan terbesar di dunia karena membentuk hampir sepertiga dari populasi dunia, menyumbang 29 persen dari produk domestik bruto global.

"Setelah delapan tahun bernegosiasi dengan darah, keringat dan air mata, kami akhirnya sampai pada saat di mana kami akan menyegel Perjanjian RCEP Minggu ini," kata Menteri Perdagangan Malaysia Mohamed Azmin Ali menjelang KTT.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong, yang memimpin delegasi Singapura, pada Minggu memuji penandatanganan RCEP sebagai "tonggak utama" dan mengucapkan selamat kepada 15 negara peserta.

"Kita telah mencapai tonggak penting dalam penandatanganan perjanjian ini hari ini. Kami membutuhkan delapan tahun, 46 pertemuan negosiasi dan 19 pertemuan menteri untuk sampai ke sini," ujarnya.

Ke-15 negara RCEP menyetujui persyaratan kesepakatan tahun lalu, menyiapkan jalur untuk menandatangani kesepakatan pada KTT ASEAN ke-37 yang digelar secara virtual.

India menarik diri dari pembicaraan tahun lalu, khawatir penghapusan tarif akan membuka pasarnya terhadap banjir impor yang dapat merugikan produsen lokal.

Meski begitu, negara anggota lainnya mengatakan masih terbuka untuk keterlibatan India.

Setelah penandatanganan, semua negara harus meratifikasi RCEP dalam dua tahun sebelum efektif.

KTT ASEAN ke-37 digelar selama empat hari mencakup pertemuan antara para pemimpin Asia Tenggara dan para mitra dari China, Jepang dan Korea Selatan di KTT ASEAN Plus Three, serta KTT Asia Timur dan KTT RCEP.