Setelah Akun FB Palsu Wabup Probolinggo, Kini Muncul WA yang Mengatasnamakan Bupati

Foto/Repro
Foto/Repro

Setelah akun Facebook (FB) palsu beredar atas nama Wakil Bupati (wabup) Probolinggo, kini juga beredar nomor Whatsapp atau WA yang mengatasnamakan Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari.


"Akun tersebut palsu dan bukan milik Bupati Probolinggo," tegas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Cristian, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (18/11).

Dalam pesan WA yang mengatasnamakan Bupati Probolinggo itu, modus pelaku melakukan penggalangan donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan ponpes.

“Pelaku menggunakan nomor whatsapp 083830167711, dan meminta sejumlah uang dengan dalih melakukan penggalangan donasi berupa uang untuk berbagai yayasan dan pondok pesantren," jelas Yulius.

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk tidak percaya terhadap akun whatsapp yang menggunakan nama serta foto miliknya itu.

“Dan ibu bupati menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengindahkan apabila ada oknum yang mencoba melancarkan penipuan mengatasnamakan bupati dan wakil bupati,” tegas mantan Camat Sukapura itu.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan, menyebutkan, kalau pemalsu FB Wakil Bupati Probolinggo, mupun Whastapp Bupati Probolinggo, agar segera menghentikan.

“Saya minta segera hentikan tindakan dan kegiatan itu. Cepat atau lambat pelaku akan kita temukan,” katanya.

Ferdy, juga menghimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam bermedaos. Tidak langsung menanggapi segala permintaan bantuan mengatasnamakan pejabat publik. 

“Masyarakat agar lebih berhati-hati. Dan jangan mudah percaya ketika ada akun-akun yang mengaku pejabat meminta sesuatu. Harus dicek langsung kepada pejabat yang bersangkutan,” pungkasnya.