Bagi Puan Maharani, Pemilu 2024 adalah Alat Demokrasi Berkualitas dalam Menyuarakan Kehendak Rakyat

Puan Maharani/net
Puan Maharani/net

Tanggal Pemilu Serentak 2024 telah disepakati oleh DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu. Yakni pada 14 Februari 2024. Untuk itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan gelaran pesta demokrasi lima tahunan tersebut.


Di tengah wacana penundaan pemilu yang didengungkan oleh sejumlah partai koalisi pendukung pemerintah, Puan Maharani justru memiliki pandangan berbeda. Baginya, Pemilu 2024 merupakan alat demokrasi untuk menyerap aspirasi rakyat.

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan Pemilu 2024 sebagai alat demokrasi yang berkualitas dalam menyuarakan kehendak rakyat,” tegasnya lewat akun Twitter pribadi, Rabu (16/3).

Atas alasan itu, Puan Maharani mengaku dirinya kini fokus bagaimana tahapan pelaksanaan pemilu, mulai dari urusan anggaran, regulasi, dan persiapan teknis bisa berjalan dengan baik. Sebab, dalam situasi Covid-19 saat ini, pelaksanaan pemilu akan berbeda dari biasannya.

“Saya mengambil pelajaran dari pemilu tahun 2019, mengevaluasi hambatan atau kendalanya, agar tidak terjadi pada pemilu tahun 2024. Dengan demikian, pelaksanaan pesta demokrasi dapat berlangsung menjadi lebih baik,” tegasnya.

“Saya percaya, dengan bergotong royong, kita dapat mewujudkan pemilu yang berjalan sebagaimana mestinya,” demikian Ketua DPP PDIP itu.