Ada Tawaran Gabung KIR, PKS Fokus Komunikasi dengan NasDem dan Demokrat

Logo PKS/ net
Logo PKS/ net

Ajakan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar agar PKS bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama PKB dan Gerindra disambut baik.


Bagkan Jurubicara PKS M. Kholid mengatakan bahwa partainya merasa terhormat atas tawaran tersebut.

"Kami terhormat atas tawaran Cak Imin. PKS dan PKB selalu menjalin hubungan baik. Pimpinan kami juga komunikasinya sangat baik,” katanya kepada wartawan, Minggu (23/10).

Meski begitu, PKS memohon izin kepada PKB lantaran kini sedang menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat dan Partai Nasdem untuk berkoalisi. PKS ingin komunikasi dengan Demokrat dan Nasdem tuntas terlebih dahulu sebelum berkomunikasi dengan partai lain soal koalisi.

"Namun kami mohon izin menuntaskan proses komunikasi politik dengan Nasdem dan Demokrat. Dibandingkan dengan parpol lain, komunikasi dengan kedua partai tersebut sudah jauh dan progresif,” demikian Kholid.

PKB dan PKS sempat menyuarakan akan berkoalisi untuk Pemilu 2024 dan menamakan koalisi mereka sebagai Koalisi Semut Merah. Namun, beberapa pekan setelah kedua partai tersebut mendeklarasikan Koalisi Semut Merah, PKB memilih berlabuh ke Gerindra dengan membentuk koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).