Momentum HPSN 2023, Bupati Hendy Mengajak Staekholder Berkontribusi Mengelola Sampah 

Bupati Jember, H. Hendy Siswanto/ist
Bupati Jember, H. Hendy Siswanto/ist

Pemkab Jember menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ke-18 tahun di Alun-alun Jenggawah Kabupaten Jember, Minggu (19/2). 


Dalam kegiatan dengan tema  "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat", Bupati Jember, H. Hendy Siswanto mengandeng Forum Bank Sampah Memilih Sampah Menabung Emas (BSMSME) serta  dengan PT Pegadaian Jember. 

Memontum HPSN ini, dimanfaatkan bupati Hendy mengajak stakeholder untuk berkontribusi mengelola sampah serta pencanangan penanaman sejuta pohon. 

"Pegadaian memberikan wacana yang luar biasa sekali bahwa tata kelola sampah ini mensejahterakan masyarakat. Memilih dan memilah sampah untuk menjadi kepingan-kepingan emas," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati juga menyampaikan  berterima kasih atas kepedulian seluruh pihak dalam menuntaskan permasalahan pengelolaan sampah. 

Hal tersebut selaras dengan komitmen bersama bahwa permasalahan sampah dan pengelolaannya, esensinya adalah tanggung jawab bersama. 

Dia menjelaskan tema HPSN tahun 2023 yakni "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat", menjadi tema yang sangat istimewa. Sekaligus menjadi kalimat bersayap panjang untuk kesejahteraan masyarakat Jember. 

"Sebab, kita semua sadar, yang memproduksi sampah adalah kita sendiri," katanya.

"Kami mengajak seluruh stakeholder untuk bisa berkontribusi mengelola sampah dengan baik," pinta dia. 

Dia kemudian memberi contoh SMK Negeri 1 Jember, yang mendapat penghargaan dari PT. Pegadaian Jember karena berhasil menyabet zero waste. 

Selain itu dalam momentum peringatan HPSN di Alun-Alun Jenggawah ini, membuat komitmen bersama para kader peduli sampah dan juga Forum Bank Sampah Memilih Sampah Menabung Emas (BSMSME) dengan Pemkab Jember, dengan menandatangani tentang gerakan pengelolaam sampah di Kabupaten Jember.

"Saya berharap, melalui komitmen tersebut, bisa menjalin kekompakan dan kerjasama antar komunitas, lembaga, maupun antar wilayah Kabupaten Jember agar bebas dari sampah," tandasnya.