Tinjau Proyek APJ Sudah 99 Persen, Wabup H Hari: Madiun Terang Benderang

Wakil Bupati Madiun H Hari Wuryanto saat mengunjungi tempat pemasangan APJ /ist
Wakil Bupati Madiun H Hari Wuryanto saat mengunjungi tempat pemasangan APJ /ist

Menyambut Hari Jadi ke-455, jalanan di Kabupaten Madiun bakal terang dengan ribuan Alat Penerangan Jalan (APJ) yang tersebar di seluruh wilayah Madiun.


Melalui skema kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang menjadi program percontohan nasional itu, hingga Kamis (22/6) hari ini, progresnya sudah mencapai 99,85 persen dan tinggal menunggu peresmiannya.

Seperti yang terlihat dalam kunjungan kerja Wakil Bupati Madiun H Hari Wuryanto di beberapa tempat pemasangan APJ, nampak jalanan begitu gelap di tengah arus masyarakat yang banyak berlalu lalang.

"Sesuai motto nya Madiun Terang Benderang, Alhamdulillah untuk peninjauan yang pertama ini tadi kita mulai dari kecamatan Sawahan, Jiwan, dan Wungu. Antusias masyarakat luar biasa, memang masih ada beberapa perbaikan yang sesegera mungkin akan kami perbaiki," jelas Wabup Hari Wuryanto usai meninjau proyek APJ.

Proyek APJ melalui skema KPBU ini bertujuan untuk  menciptakan rasa aman bagi masyarakat, angka kriminalitas dan angka kecelakaan yang turun, dan masyarakat menjadi lebih nyaman, jam kerja akan bertambah sehingga akan menciptakan simpul-simpul ekonomi baru.

Seperti yang diketahui, proyek APJ melalui skema KPBU ini akan meliputi pembangunan baru (tanpa retrofit), pengoperasian, dan pemeliharaan terhadap sebanyak 7.458 titik yang tersebar di jalan nasional, jalan kabupaten utama, dan jalan perkotaan.

Mas Hari juga menyampaikan proses finishing ditargetkan akan selesai pada akhir Juni. Kemudian pada 1 Juli akan dilakukan uji coba dan selanjutnya diresmikan pada 18 Juli.

Dia berpesan agar seluruh masyarakat mempunyai rasa memiliki untuk saling menjaga dan mengawasi lampu APJ. "Lampu ini milik kita bersama, kami berharap kepala desa dan masyarakat merasa memiliki dan saling menjaga," harapnya.

Diketahui, dalam setiap tiang APJ yang dipasang tersebut memiliki seri nomor dan akan dilengkapi kontak aduan  apabila terjadi sesuatu agar segera ditindak lanjuti.

Dalam kunjungan kerja tersebut beberapa daerah yang dikunjungi antara lain Desa Bagi Kecamatan Madiun, Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan, Pujasera Desa/Kecamatan Jiwan, dan Desa/Kecamatan Wungu. (Adv)