Bawaslu Gandeng Polri dan TNI Awasi Distribusi Logistik Pemilu di Papua

ilustrasi/net
ilustrasi/net

Kerjasama pengawasan distribusi logistik Pemilu dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dengan menggandeng Polri dan TNI.


Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, keterbatasan anggaran menjadi satu sebab pengawasan dilakukan kolaboratif.

"Kolaborasi sejak awal kami (bangun) dengan teman-teman dari kepolisian, dengan teman-teman dari tentara," ujar Lolly kepada wartawan, di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (5/8).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI itu mengatakan, kerjasama pengawasan bersama dua lembaga itu memerlukan anggaran yang tak sedikit.

"Memang kalau mengandalkan anggaran Bawaslu susah sekali menembusnya. Misalnya, melakukan pengawasan saat distribusi logistik di pegunungan. Kami pun tidak punya kemampuan pesawat yang mampu menembus ke sana," urai Lolly.

Oleh karena itu, mantan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat itu memastikan kerjasama dengan Polri dan TNI membuat kerja pengawasan menjadi efektif.

"Maka kerjasama lintas kelembagaan itu yang dilakukan, dan itu sudah kami bicarakan sehingga dalam pengawasan itu secara teknis kami mempunyai kemudahan, keleluasaan karena kerjasama ini," demikian Lolly menambahkan.