Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional, Wali Kota Malang Tinjau Kampung Kayutangan Heritage

Wali Kota Malang H Sutiaji saat meninjau Kampung Kayutangan Heritage/Ist
Wali Kota Malang H Sutiaji saat meninjau Kampung Kayutangan Heritage/Ist

Kampung Kayutangan Heritage Kota Malang menjadi salah satu calon lokasi fokus (Lokus) verifikasi Kota/Kabupaten Sehat 2023 Tingkat Nasional.


Wali Kota Malang H Sutiaji di sela agenda kedinasannya mengunjungi kampung yang ada di Jalan Basuki Rahmad tersebut, Selasa (8/8). 

Sutiaji menyampaikan, bahwa berbagai persiapan dan pembenahan terus dilakukan. Seperti kesiapan berbagai sarana prasarana, kebersihan dan partisipasi masyarakat. 

"Kayutangan terlihat bersih dan juga menjadi salah satu uji coba penanganan penataan perkotaan. Terlebih, pemerintah pusat pun juga menjadikan Kampung Heritage Kayutangan sebagai sampling dalam penataan selanjutnya," ujar Sutiaji.

Ia mengapresiasi masyarakat, karena sejauh ini partisipasinya sungguh luar biasa.

"Apa yang dulu diinisiasi bersama-sama tetap dipertahankan. Ini contohnya kalau dilihat kan bersih, kerja bakti tiap dua minggu sekali. Mudah-mudahan Kota Sehat di sini masuk dalam predikat tertinggi yakni Swasti Saba Wistara. Kalau saat ini masih Swasti Saba Wiwerda," ujarnya.

Sutiaji menjelaskan, lokasi Kampung Kayutangan Heritage sudah nampak bersih dan bagus, namun sedikit masih ada ada beberapa yang perlu dilakukan pembenahan. Seperti tempat sampah yang berada di pintu masuk, lampu dan air yang bisa langsung diminum dari kran atau Zona Air Minum Prima (ZAMP).

"Ada yang harus dibenahi, beberapa tempat sampah. Masalahnya itu belum ada penyerahan dari pusat ke kami. Kemudian lampu ini juga ada yang mati dan nanti kita sampaikan kepada dinas terkait,” pungkasnya.[adv]