Kanker Ginjal Harus Di Waspadai, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Urologi RSUD Jombang

Poto - Dokter Urologi memberikan penjelasan tentang kanker ginjal
Poto - Dokter Urologi memberikan penjelasan tentang kanker ginjal

Kanker ginjal merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Paling umum, pasien pengidap kanker ginjal tersebut sering tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya sampai terdeteksi oleh tes medis yang tidak terkait.


Ahli Urologi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang dr Yohan Afandi, SpU membahas tentang penanganan pasien pengidap kanker ginjal. Hal itu diungkapkan olehnya dalam 'RSUD Menyapa' yang bertempat diruang Studio Menyapa Humas RSUD Jombang, Selasa (29/08/2023).

Dalam bincang tersebut, dr Yohan Afandi menyampaikan, organ ginjal merupakan dua organ berbentuk seperti kacang seukuran kepalan tangan terletak di kedua sisi punggung bagian tengah tepat di bawah tulang rusuk dengan fungsi menyaring darah dan membuang kelebihan air serta zat sisa tubuh melalui urine.

Dokter Spesialis Urologi ini menjelaskan, kanker ginjal terjadi dengan adanya perubahan sel pada ginjal menjadi ganas, faktor risiko terjadinya kanker ginjal beberapa diantaranya merokok, obesitas, hipertensi, serta adanya riwayat keluarga yg memiliki penyakit serupa.

"Bahaya kanker ginjal dapat merusak fungsi ginjal dan menyebar ke organ lain seperti paru, otak dan tulang. Gejala yang mungkin muncul adalah kencing disertai darah, nyeri pinggang, dan teraba benjolan di pinggang. Pada tahap lanjut dapat mengalami badan lemas, penurunan berat badan, tidak nafsu makan mual dan muntah," tutur dr Yohan.

Dia menambahkan, di RSUD Jombang dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urine, USG, bahkan CT scan untuk mendiagnosis penyakit kanker ginjal.

"Terapi pada pasien kanker ginjal diperlukan operasi pengangkatan tumor ginjal, jika kondisi tidak memungkinkan untuk operasi maka akan disarankan pemberian terapi obat-obatan," imbuhnya.

Untuk pencegahan kanker ginjal, lanjut dr Yohan membeberkan, bisa dilakukan dengan berhenti merokok, tatalaksana penyakit komorbid (diabetes atau hipertensi), segera ke dokter apabila terdapat keluhan. Skrining rutin dengan general medical check up di RSUD dapat dilakukan guna mendeteksi penyakit lebih dini.

Untuk penanganan kanker ginjal bisa dikatakan baik apabila ditemukan sedini mungkin dan buruk apabila sudah terdapat penyebaran ke organ lain. Dan perlu kita ingat bahwa penyakit kanker ginjal bisa sembuh Apabila diketahui sedini mungkin, yang kedua waspada apabila ada gejala dan riwayat keluarga yang memiliki penyakit serupa," jelasnya.

Sekedar informasi, untuk pelayanan Poli Urologi buka dari hari senin sampai dengan hari Jum'at. Untuk jam buka loket pendaftaran poli rawat jalan hari senin-kamis jam 07.00 - 12.30 WIB dan khusus hari jum'at jam 07.00 - 11.00 WIB.