Ugas Irwanto Berpotensi Jadi Pj Bupati Probolinggo, Namanya Dikantongi Presiden?

Sekda Pemkab Probolinggo Ugas Irwanto /RMOL Jatim
Sekda Pemkab Probolinggo Ugas Irwanto /RMOL Jatim

Nama Timbul Prihanjoko, sudah masuk dalam daftar sebagai Bupati Probolinggo tercepat yang tertera di pringgitan Pendopo Bupati Probolinggo.


Dalam daftar nama Bupati Probolinggo itu, Timbul Prihanjoko tercatat sebagai Bupati Probolinggo dengan nomor urut ke 37.

Sedangkan di urutan ke 35 dan 36, ada yang namanya Hj P Tantriana Sari dan untuk urutan 33 dan 34 ada yang namanya Hasan Aminuddin sebagai Bupati Probolinggo.

Namun untuk Bupati Probolinggo di urutan ke 37 ini, pada 23 September 2023, Timbul Prihanjoko sudah selesai memimpin Kabupaten Probolinggo.

Artinya, pada 24 September 2023 Timbul Prihanjoko sudah tidak menjabat sebagai Bupati Probolinggo lagi.

Terhitung dari 19 September 2023, Timbul Prihanjoko sudah kurang 5 hari lagi, jabatan yang dia emban akan ditinggalkannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, kalau kemungkinan besar pasca Timbul Prihanjoko purna tugas sebagai Bupati Probolinggo, masih akan ada Plh Bupati Probolinggo.

Sementara itu, siapa yang akan menjadi penjabat (Pj) bupati, masih menunggu keputusan presiden, yang saat ini masih di bahas oleh pemerintah pusat.

"Jabatan terakhirnya 23 Sepetermber (Bupati,red). Kemudian 24 September akan diisi oleh Plh sehari, yang otomatis akan diisi oleh sekda," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, potensi akan dijabat oleh Plh selama sehari ini, karena dengan alasan dari 13 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yang akan diisi oleh Pj Bupati dan Walikota 

Sebab, pengisian Pj Kabupaten Tulungagung molor satu hari dari Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Timur.

"Tulungagung masih 25 September, sehingga kita (Probolinggo) dan daerah lainnya tanggal 24 seharusnya sudah di lantik pjnya. Namun di barengkan dengan Tulungagung. Sehingga ada jeda sehari untuk Plh," ujarnya. 

Sementara itu disinggung perihal siapa yang nantinya akan Pj Bupati Probolinggo, Ugas menyebutkan pengusulannya saat ini menunggu keputusan Presiden Republik. 

Sebab Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) telah mengusulkan nama-nama Pj Bupati Probolinggo ke Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Menunggu dari Presiden. Yang jelas sebelum masa jabatan selesai, pengumumannya (siapa Pj bupati,red) sudah ada," ujarnya. 

Perlu diketahui, Sekda Pemkab Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan merupakan salah satu sosok yang disung menjadi Pj Bupati Probolinggo. 

Dia tidak hanya diusung oleh DPRD Kabupaten Probolinggo dengan dua nama lainnya, nama Ugas juga disung oleh Gubernur dan Kemendagri dengan dua nama lainnya.

Sehingga, Ugas Irwanto berpeluang besar menjadi Pj Bupati Probolinggo selama 1 tahun lebih di Kabupaten Probolinggo ini. 

Berikut daftar nama yang di usulkan Oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi Pj Bupati Probolinggo.

1. Ugas Irwanto yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Probolinggo.

2. M. Hadi Wawan Guntoro, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satpol PP Pemprov Jawa Timur.

3. Benny Sampirwanto yang saat ini menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Pemprov Jatim.

Ini usulan DPRD Kabupaten Probolinggo mengajukan tiga nama sebagai Calon Pj Bupati Probolinggo pada Kemendagri.

1. Ugas Irwanto yang saat ini menjadi Sekda Pemkab Probolinggo.

2. Doddy Nur Baskoro yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Probolinggo.

3. Dr Lilik Puji Astutik yang saat ini menjabat sebagai sebagai Kepala Biro Hukum Pemprov Jawa Timur.