MUI Bantah Kabar Dukungan Calon Bupati Probolinggo

Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Abdul Wasik Hannan. /Istimewa
Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Abdul Wasik Hannan. /Istimewa

Beredar kabar, kalau Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Abdul Wasik Hannan, mendorong Ugas Irwanto agar maju sebagai Calon Bupati Probolinggo dalam Pilkada 2024.


Kabar yang beredar tersebut sudah menyebar luas di WhatsApp Grup utamanya di Kabupaten Probolinggo pada Selasa (27/02).

Kabar tersebut langsung dibantah oleh Wakil Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Abdul Wasik Hannan.

Menurutnya, kalau dia tidak pernah membuat pernyataan untuk mendorong atau mendukung siapapun untuk berkontestasi Pilkada 2024.

Dalam pernyataannya, Kiai Wasik menyebut bahwa namanya muncul di pemberitaan terkait dorongan kepada Ugas Irwanto.

“Saya merasa perlu mengklarifikasi bahwa berita dukung mendukung bacabup itu diluar pernyataan saya,” tulisnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (28/02).

Pengasuh Pondok Pesantren Sirojul Ulum Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo ini melanjutkan, klarifikasi itu ia tulis mengingat saat ini dirinya mengemban amanah dua organisasi besar keagamaan.

“Mengingat posisi saya sebagai Rais Syuriah PCNU Kota Kraksaan di satu sisi, dan Waketum MUI Kabupaten Probolinggo di sisi lain, tidak dibenarkan terlibat memberikan dukungan kepada siapapun yang mencalonkan diri/dicalonkan maju sebagai bupati dan wakil bupati,” tulis Kiai Wasik.

Melalui pernyataan itulah Kiai Wasik membantah kabar yang beredar terkait dorongan dirinya kepada Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto untuk maju di Pilbup 2024.