Pj Bupati Jombang Sugiat Membuka Khitan Cinta 2023 dan Salurkan Bantuan Dari Baznas

Poto - Pj Bupati Sugiat saat membuka khitan cinta/ist
Poto - Pj Bupati Sugiat saat membuka khitan cinta/ist

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dan Hari Jadi Pemkab Jombang ke 113 Tahun 2023  bertempat di Kantor Kecamatan Bareng, Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi. T secara resmi telah membuka kegiatan Khitan Cinta 2023 dan menyalurkan sejumlah bantuan yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur dan Baznas Kabupaten Jombang.


Pj Bupati Jombang Sugiat hadir didampingi Ibu Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Dwi Irawanti Sugiat bersama Staf Ahli dan Kepala OPD terkait menyaksikan penyerahan bantuan budidaya kambing di Wonosalam, dan penyerahan bedah rumah di Mojowarno dari Baznas Provinsi Jawa Timur kepada Baznas Kabupaten Jombang untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima manfaat/ mustahik.

Pj Bupati Jombang Sugiat menyambut baik dan mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jombang yang telah menyelenggarakan kegiatan Khitan Cinta 2023 yang diikuti 210 orang se Kabupaten Jombang. Rinciannya, pada 7 Oktober 2023, dilaksanakan di Islamic Center Jombang sebanyak 51 anak.

Pada 8 Oktober, di kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo sebanyak 47 anak. Pada 14 Oktober di masjid At Taqwa Kecamatan Sumobito, sebanyak 27 anak. Pada 15 Oktober di Kantor Kecamatan Bareng sebanyak 48 anak. Dan pada 21 Oktober 2023 akan dilaksanakan di Kecamatan Ploso diikuti 37 anak.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan budidaya kambing di Wonosalam sebesar Rp.75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah) untuk 11 orang Mustahik/penerima manfaat,  serta penyerahan bedah rumah sebesar Rp.150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) kepada 10 Mustahik/ penerima manfaat di Mojowarno.

"Semoga melalui program Khitan Cinta juga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Apa yang kita lakukan ini adalah sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT, atas segala karunia-Nya untuk senantiasa dapat melakukan kebaikan serta memberi manfaat kepada sesama," tutur Sugiat, Pj Bupati Jombang, Senin (16/10) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pj Bupati Sugiat mengatakan, bahwa Pihaknya mengaku siap bersinergi atas setiap usaha yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Jombang untuk terus membantu lebih banyak masyarakat dhuafa serta merealisasikan seluruh program baznas, dalam meningkatkan pelayanan pengelolaan zakat maupun meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Jombang.

Sugiat juga mengajak semua pihak mulai dari ASN, BUMD, kalangan dunia usaha dan masyarakat Kabupaten Jombang untuk dapat kiranya menyalurkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Jombang. Agar Baznas dapat tetap tumbuh dan berkembang sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan di Jombang.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan meridhoi setiap usaha kita dalam melaksanakan amanah serta memudahkan proses berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan umat," tutur Pj Bupati Jombang.

Usai membuka acara Khitan Cinta, Pj Bupati Jombang Sugiat didampingi istri meninjau langsung pelaksanaan Khitan Cinta yang dilaksanakan diruang kantor Kecamatan Bareng. Selanjutnya Pj Bupati Sugiat juga mengapresiasi  program ekonomi dhuafa usaha UMKM binaan Baznas Kabupaten Jombang yang berjualan pentol dan diberi nama "Pentol Besut". Anak anak yang sudah dikhitan mendapatkan  pentol Besut gratis.