Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Dukcapil Prima Award Tahun 2023

Kadispendukcapil Surabaya Eddy Christijanto menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian/ist
Kadispendukcapil Surabaya Eddy Christijanto menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian/ist

Dalam rangka menyamakan Visi dan Misi pelayanan publik, Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).


Dengan mengusung Tema Penguatan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kota Palembang mulai tanggal 24 hingga 26 Oktober 2023 mendatang. 

Dalam Rakornas tersebut, juga diberikan penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan beberapa Kategori. 

Nah, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapat penghargaan DUKCAPIL PRIMA AWARD Tahun 2023 kategori Kota penduduk terbesar yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Dr. Eddy Christijanto.

Penghargaan DUKCAPIL PRIMA AWARD Tahun 2023 kategori Kota penduduk terbesar untuk Kota Surabaya berupa Piagam Penghargaan, Tropi dan 1 unit sepeda motor Yamaha Vixion. 

"Penghargaan ini diberikan karena Kota Surabaya mampu memberikan pelayanan kepada warga kota Surabaya dengan berbagai macam inovasi seperti Katepay, lontong Kupang (Isbath Nikah Masal), pelayanan Lontong Balap (pelayanan terpadu catatan sipil) dan sebagainya," jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Dr. Eddy Christijanto pada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (24/10). 

Dengan keberhasil meraih penghargaan ini menurut Eddy tak lepas dari kepercayaan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk selalu memberikan kesempatan dan motivasi kepada Disdukcapil dalam melakukan inovasi.

Selain itu juga kepada Camat, Lurah dan seluruh jajarannya serta warga Surabaya.

"Terima kasih kepada Bapak Walikota yang selalu memberikan kesempatan dan memotivasi kepada Disdukcapil untuk melakukan inovasi, semua staf Disdukcapil baik di kecamatan dan kelurahan, seluruh Camat dan Lurah dan seluruh masyarakat Kota Surabaya yang tertib terhadap Administrasi Kependudukan," ujarnya.

Eddy menambahkan dengan dicapainya perhargaan ini, pihaknya semakin memacu untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat Surabaya.

"Semoga dengan penghargaan ini mampu untuk meningkatkan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil Kota Surabaya dalam melayani masyarakat dengan Moto Dukcapil Surabaya Humanis Berintegritas," pungkasnya.