Panda Nababan Bocorkan Jokowi yang Ngotot Promosikan Ganjar agar Diusung PDIP

Politikus senior PDIP, Panda Nababan/Repro
Politikus senior PDIP, Panda Nababan/Repro

Politikus senior PDIP, Panda Nababan membocorkan peran Presiden Joko Widodo di balik pencalonan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar diusung PDIP berkompetisi di Pilpres 2024. 


"Aku ingat betul aku sama dia (Presiden Jokowi) boleh dikatakan terlibat, dalam arti kata merencanakan dan mempromosikan Ganjar jadi calon presiden," kata Panda melalui podcast YouTube Abrahamsamadspeakup yang dilihat Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/11).

Panda mengakui bahwa Presiden Jokowi merupakan pihak yang lebih dulu mempromosikan Ganjar maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Aku jadi saksinya, aku jadi orang yang terlibat bersama dia (Presiden Jokowi) gitu loh, jadi maka itu dalam beberapa hal dalam pembicaraan kami berkali-kali mengenai itu kita mendiskusikan bagaimana supaya Mbak Mega bisa nerima, bagaimana Puan Maharani jangan tersinggung. Itu pembahasan kita sama Pak Jokowi," ungkap Panda.

Pembicaraan untuk menggolkan Ganjar menjadi capres PDIP, kata Panda, juga dilakukannya bersama Presiden Jokowi saat bertemu di Istana.

"Kita dua aja, apa yang kita bicarakan, bagaimana biar sukses Ganjar jadi calon, strategi bagaimana strategi diatur," kata mantan Ketua DPD PDIP Sumatra Utara ini.

Untuk selanjutnya, Panda mengaku masih bertanya-tanya, apakah sampai saat ini Jokowi masih mendukung Ganjar atau tidak. Sebab putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sudah resmi digaet Prabowo Subianto menjadi cawapresnya.