Survei ARCI di Jatim: Prabowo-Gibran 40,1%, Ganjar-Mahfud 35,9%, AMIN 22,2%

Direktur ARCI Baihaki Sirajt/Ist
Direktur ARCI Baihaki Sirajt/Ist

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU. Hasilnya Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas.


"Hasil survei ARCI, elektabilktas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Menurut survei ARCI, ektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9%. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2%. 

"Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan," tambah Baihaki.

Baihaki menyebut bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo," jelasnya.

Baihaki Sirajt juga menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim salah satunya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

"Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran," kata Baihaki.

"Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di Mataraman," tambahnya.

Baihaki mengatakan sebanyak 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran. Sementara 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang ke Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Faktor Gibran dan Jokowi mempengaruhi pemilih PDIP di Jatim beralih dari Ganjar ke Prabowo. Jadi mereka kalau partai tetap memilih PDIP, tapi capresnya Prabowo," jelasnya.

"Survei ini kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU, dan saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo," tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI:

1. Prabowo-Gibran 40,1%

2. Ganjar-Mahfud 35,9%

3. Anies-Muhaimin 22,2%

Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%.