7 Daerah di Jatim Belum Selesaikan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi/st
Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi/st

Rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur menyisakan 7 daerah.


Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Aang Kunaifi di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (7/3).

Dikatakan Aang, saat ini sudah hari kelima sejak penghitungan suara tingkat provinsi sejak Minggu lalu. Sekarang sebanyak 31 kabupaten/kota yang sudah membacakan hasil rekapitulasi.

Adapun 7 daerah kabupaten/kota yang belum membacakan hasil rekapitulasi, kata Aang, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kota Surabaya, Kabupatem Jember dan Kabupaten Lumajang.

“Tujuh daerah bacakan hasil rekapitulasi dijadwal besok (hari ini). Target kita tanggal 8 besok (Jumat) sudah selesai semua,” jelasnya Aang dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Terkait partisipasi masyarakat (Parmas) dalam gelaran demokrasi tahun 2024, KPU Jatim menyebut angkanya cukup tinggi dibanding Pemilu 2019. Pemilu tahun ini angka Golput menurun. 

Aang menilai tingginya Parmas  karena masyarakat sudah sadar akan politik. Adapun daerah di Jatim yang Parmasnya tertinggi, kata Aang, adalah Kabupaten Mojokerto dengan kontribusi pemilih pemula dan pemilih disabilitas.

“Partisipasi masyarakat (pemilih) di Jatim mencapai 84 persen. Angka ini melebihi target nasional KPU RI 77,7 persen,” demikian Aang.