DPRD Kota Malang Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT ke-110 Kota Malang

Suasana rapat paripurna peringati HUT ke- 110 Kota Malang/RMOLJatim
Suasana rapat paripurna peringati HUT ke- 110 Kota Malang/RMOLJatim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang menggelar rapat paripurna istimewa peringati HUT (Hari Ulang Tahun) ke-110 Kota Malang, dengan tema 'Berselaras untuk Kota Malang Berkelas' yang di pimpin oleh Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, SE di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Malang, Sabtu (30/3). 


Rapat paripurna itu dihadiri oleh Forkopimda Plus, Kepala Daerah Malang Raya, Anggota DPRD Kota Malang, kepala perangkat daerah, kepala instansi vertikal, serta camat dan lurah se-Kota Malang.

Pada kesempatan tersebut, Pejabat (Pj) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyampaikan, peringatan Hari Ulang Tahun Kota Malang selalu mempunyai makna yang istimewa bagi seluruh masyarakat Kota Malang. 

Terlebih dengan perjalanan Kota Malang memasuki usia ke-110 tahun ini. Dimana mengingatkan tentang cerita, sejarah, memori dan rekam jejak yang di lalui.

"Kita semua bisa merasakan, bagaimana Kota Malang ini terus tumbuh dan berkembang menjadi Kota Malang yang maju seperti sekarang. Tentu ini semua tidak terlepas dari jasa para pemimpin-pemimpin terdahulu, yang meletakkan pondasi dan memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana sejarah Kota Malang," ujar Wahyu.

Bahkan ia menginginkan, di usia bertambahnya Kota Malang tidak ingin menyianyiakan tugas yang dijalankan agar program-program prioritas nasional dan juga daerah dapat terlaksana  dengan baik, serta manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Malang.

"Untuk mencapai hal itu, lewat visi 4 sehat 5 sempurna, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung visi yang dicanangkan. Dukungan dan partisipasi aktif saudara-saudara sekalian, adalah kekuatan yang mampu menjawab tantangan-tantangan dalam mencapai target yang ditetapkan," terangnya.

"Karena itulah, pada peringatan HUT Kota Malang yang ke 110 tahun 2024 ini mengambil tema 'Berselaras Untuk Kota Malang Berkelas'. Dimana berselaras didefinisikan sebagai sebuah kehidupan yang harmonis dan diwujudkan lewat sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak dalam melaksanakan program pembangunan. Sedangkan berkelas yang didefinisikan sebagai sebuah target yang dicapai serta menempatkan Kota Malang dalam derajat dan pencapaian tertinggi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, SE menginginkan di Hari Ulang Tahun ke-110 Kota Malang, pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat dengan baik.

"Pada Hari Ulang Tahun 110 ini bisa berjalan khidmat, karena pas Bulan Suci Ramadan menjelang Idul Fitri. Kemudian menjelang tahun politik, yang dimulai pendaftaran Calon Independen Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), sehingga tidak ada euforia disitu. Selanjutnya, semua kita kembalikan kepada evaluasi peningkatan pelayanan masyarakat. Pelayanan primer masyarakat yang terbaik untuk kita semua," ungkapnya.

Bahkan ia mengharapkan, Pemkot Malang bisa memberikan pelayanan yang baik secara kontinu, namun juga melayani pelayanan yang bersifat insidentil.

"Kita berharap Pemkot Malang bisa memberikan pelayanan yang baik, dan sifatnya pelayanan kontinu, tapi jangan lupakan yang bersifat insidentil. Apa itu pelayanan insidentil? Contohnya, menurunkan harga bahan pokok secepatnya. Karena inflasi apabila terus tidak dikendalikan, saya rasa akan kemana-mana efek dominonya. Tapi jangan lupakan yang sifatnya primer. Yang mana pelayanan benar-benar dibutuhkan masyarakat," pungkasnya.[adv]