Gus Nabil: Kendala Tas ‘Bantuan Presiden’ Cuma Masalah Teknis

Pemerintah sudah menyiapkan anggaran dan program untuk penanganan Covid-19. Di antaranya mencakup terhadap tim medis, Kartu Prakerja, bantuan langsung uang tunai, dan bahan pangan.


Anggota Komisi IX DPR Muhammad Nabil Haroen menegaskan bahwa bantuan itu akan disebarkan mulai pekan ini. Menurutnya, distribusi sembako yang sempat tersendat pengadaan tas bertulis “Bantuan Presiden” hanya masalah teknis.

“Dari rapat terakhir, Presiden Jokowi memerintahkan pekan ini semua bantuan harus siap dieksekusi,” ujar pria yang akrab disapa Gus Nabil itu, Kamis (30/4), dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Gus Nabil mengurai pemerintah telah menyiapkan 1,2 juta paket bantuan bahan pangan untuk keluarga-keluarga terdampak Covid-19. Penyaluran bantuan dimulai dari kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Selanjutnya, akan dilanjutkan distribusi ke kawasan-kawasan lain.

Menurutnya, jika bantuan tersebut tersendat hanya karena tas untuk membungkus belum selesai dicetak itu hanya kendala teknis di lapangan.

“Jika ada kendala terkait dengan kemasan, itu saya kira kendala teknis,” tambah kader PDIP itu.

Pihaknya menilai ketahanan pangan merupakan hal penting. Pemerintah selayaknya mendorong pemerintah daerah dan pemerintah desa untuk menguatkan lumbung pangan sevagai solusi ketahanan pangan.

“Pemerintah juga sebaiknya tidak menutup pasar, tapi mengatur aksesnya dan menetapkan regulasi jaga jarak,” tandasnya.