Polisi Ponorogo Bekuk Kawanan Pembobol ATM, 1 Masih DPO

Komplotan Pembobol ATM dibekuk Sat Reskrim Polres Ponorogo/RMOLJatim
Komplotan Pembobol ATM dibekuk Sat Reskrim Polres Ponorogo/RMOLJatim

Tim Resmob Satreskrim Polres Ponorogo meringkus 4 kawanan spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Sementara 1 lainnya menjadi DPO karena berhasil melarikan diri saat penangkapan.


"Keempat komplotan itu adalah N (40), AS (49), G (35), F (41). Kemudian A (42) yang menjadi DPO," kata KBO Satreskrim Polres Ponorogo, Iptu Rosyid Efendi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (23/1).

Mereka, sambung Iptu Rosyid, berasal dari Brebes dan Lampung. Mereka merupakan spesialis pembobol ATM.

KBO Satreskrim Polres Ponorogo menjelaskan, kawanan tersebut sempat beraksi di salah satu ATM di seberang SPBU Jetis, Ponorogo, 26 Desember 2020 lalu.

Dari aksinya pelaku berhasil menggasak uang sejumlah Rp 25 juta dari satu korban. 

"Rp 10 juta ditarik dari ATM. Sementara Rp 15 juta ditransfer, " tambah mantan Kanit Reskrim Ponorogo kota ini. 

Modusnya, kata dia, modus lama. Dengan memasang sebuah senar di mesin ATM. Para pelaku juga memasang stiker call center baru untuk menutupi nomor call center yang asli.

"Ketika ada korban yang akan melakukan transaksi, kartu ATM yang telah dimasukkan ke mesin ATM tersebut macet, " tambahnya. 

Nantinya, kata dia, ada pelaku yang berpura-pura menolong korban. Pelaku itu menyarankan agar menelpon call center palsu tersebut. 

"Pelaku lain yang berperan sebagai call center lalu meminta korban untuk menyebutkan password kartu ATM korban, " paparnya. 

Setelah berselang beberapa waktu, pelaku lain mengambil kartu ATM yang tersangkut senar tersebut menggunakan besi dan tang. Kemudian menguras uang yang ada dia tabungan.

Menurutnya, mereka memang pesialis pembobol ATM antar kota. Sebelumnya pernah beraksi di Bogor, Brebes, Kendal,  lalu Solo dan terakhir di Ponorogo. 

"Kami tangkap  saat akan kembali beraksi di Kabupaten Jombang, " katanya. 

Perihal perannya N berperan sebagai mengawasi seseorang atau korban yg akan masuk ke ATM. AS berperan memasukkan alat di mesin atm supaya mengganjal apabila korban memasukkan atm tersebut kemudian menempel nomer call center palsu yg sudah disiapkan para pelaku.

"Menguasai hp beserta nomor call center yg sudah dibuat itu seolah-olah call center dari bank mandiri tersebut," tambahnya 

Ketiga yang inisial G itu sbg driver atau sopir pada saat kegiatan mereka lakukan. F berperan menjaga-jaga diluar.

DPO A itu berperan sbg orang yg memberi tahu menunjukkan call center agr dihubungi korban, inisial A ini yg mengambil uang tsb secara tunai di atm mandiri Ponorogo di salah satu kota.