Polda Jatim Periksa 18 Pengurus Khilafatul Muslimin

Pengurus Khilafatul Muslimin Surabaya Raya mendatangi Polda Jatim/Ist
Pengurus Khilafatul Muslimin Surabaya Raya mendatangi Polda Jatim/Ist

Sebanyak 18 Pengurus Khilafatul Muslimin Surabaya Raya mendatangi Polda Jatim untuk dimintai keterangan terkait konvoi syiar beberapa waktu lalu, Kamis 9 Juni 2022.


Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, permintaan keterangan tersebut dilakukan untuk mendalami apakah kegiatan yang dilakukan ormas tersebut ada pelanggaran hukum atau tidak.

"Saat ini masih dalam proses pemeriksaan oleh anggota penyidik Kamneg (Tim Subdit Keamanan Negara), akan kita sampaikan pada saat selesai pemeriksaan," ujarnya kepada wartawan, Kamis (9/6).

Sementara itu, Ketua atau Amir Khilafatul Muslimin Surabaya Raya, Aminnudin mengatakan, pihaknya mendatangi Polda Jatim untuk menjalani pemeriksaan. Selain itu, Dia juga mengaku mendampingi 18 pengurusnya yang merupakan peserta syiar dan panitia.

"Pertama itu saya yang menjalani pemeriksaan, kemudian tiga orang," katanya. 

Kepada wartawan, Aminuddin mengaku diperiksa terkait kegiatan  konvoi syi'ar

"Masih sekitar itu (konvoi syiar),yang dituduhkan kepada kita yang diduga buat keresahan dan kabar bohong," bebernya.

Dia membenarkan jika pada Rabu (8/6) pihak Polda Jatim melakukan penggeledahan dan menyita beberapa surat dan dokumen dari Kantor Sekretariat Khilafatul Muslimin Surabaya Raya di Jalan Gadel Sari Madya 1, Kecamatan Tandes.

"Ada bendera,pamflet-pamflet, buku-buku, catatan-catatan, buku tamu, bagan struktur, ya semua yang dianggap untuk pembuktian dibawa semua," tandasnya.