Musim Kemarau, Puluhan Hektar Hutan Lindung di Kecamatan Ijen Bondowoso Terbakar

Petugas saat melakukan pemadaman manual di kawasan hutan Bondowoso/ist
Petugas saat melakukan pemadaman manual di kawasan hutan Bondowoso/ist

Kebakaran lahan hutan kembali terjadi di kabupaten Bondowoso. Terbaru adalah kebakaran di hutan lindung Kecamatan Ijen, Senin (26/6) malam.


Sejumlah pihak terkait mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, AGISENA BPBD Jatim, Damkar Bondowoso dan pihak kecamatan Ijen serentak melakukan berbagai upaya pemadaman.

DKepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bondowoso, Mahfud Junaidi, mengatakan bahwa kebakaran hutan terjadi di hutan Curah Penai, dusun Curah Macan, Desa Kalianyar Kecamatan.Ijen Bondowoso.

"Dampak kebakaran meluas dari petak 101C ke petak 101A dan petak 87,untuk luas area yang terbakar kurleb 48,5 hektar," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (27/6).

Sulitnya medan kebakaran yang tidak bisa diakses oleh kendaraan bermotor memaksa tim harus melakukan pemantauan kebakaran dari Curah Penai dan Kalipait serta melakukan pemadaman secara manual menggunakan alat seadanya di area yang dapat di jangkau.

"Medan sulit dijangkau kendaraan darat memaksa petugas harus berjalan kaki, ditambah sulitnya sinyal," tambahnya.

Sampai berita ini ditulis, situasi dan kondisi wilayah Bondowoso terpantau aman terkendali dengan cuaca saat ini secara visual cerah.

"Untuk kebakaran saat ini sebagian besar mulai padam,menyisakan titik api kecil," pungkasnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang terjadi di hutan Curah Penai dan sedang dalam penyelidikan petugas. Kejadian kebakaran hutan juga kerapkali terjadi di kabupaten Bondowoso dengan berbagai penyebab terlebih di musim kemarau.