Prabowo Subianto Sebar Hewan Kurban di Pondok Sidogiri dan Pondok Dalwa Pasuruan

Sekretaris PD Gemira Jatim, Habib Hasan Assegaf (kanan) saat menyerahkan hewan kurban di pondok Pesantren/Ist
Sekretaris PD Gemira Jatim, Habib Hasan Assegaf (kanan) saat menyerahkan hewan kurban di pondok Pesantren/Ist

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyalurkan puluhan hewan kurban ke pondok-pondok pesantre di Jawa Timur pada lebaran Idul Adha 1444 Hijriah.


Prabowo menyebar puluhan hewan kurban di pondok Pesantren di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Pasuruan.

Di Pasuruan sendiri, Prabowo Subianto memberikan hewan kurban sapi jenis Limousin di Pondok Pesantren Sidogiri, Pondok Pesantren Dalwa dan Pondok Pesantren Besuk.

Penyaluran hewan kurban ke pondok-pondok pesantren di Pasuruan sendiri, Prabowo Subianto mengutus Sekretaris PD Gemira (Gerakan Muslim Indonesia Raya) Jatim, Habib Hasan Assegaf.

Habib Hasan mengatakan, bahwa penyaluran hewan kurban Prabowo tidak hanya kepada pondok pesantren saja, tetapi juga kepada organisasi Muslim di Pasuruan.

"Untuk yang saya serahkan di Kabupaten Pasuruan sendiri, ada 8 ekor sapi hewan kurban milik Pak Prabowo," jelasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya para warga memang sudah menunggu pembagian daging sapi kurban. Sehingga, pada momen Idul Adha ini, Prabowo Subianto berbagi kebahagiaan.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengatakan bahwa hewan kurban ini sebagai bentuk meneladani Nabi Ibrahim a.s. atas ketabahannya menjalani perintah Allah Swt.

"Dalam rangka meneladani ketakwaan, ketaatan, keikhlasan Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., dan Siti Hajar, kami bersilaturahmi dengan pondok-pondok pesantren di Jawa Timur serta menyampaikan salam dan hewan kurban dari Pak Prabowo, yaitu berupa sapi kepada warga pondok pesantren di Jawa Timur," ucap Anwar.

Prabowo juga membagikan sapi kurban ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jatim. 

Hal menarik, sapi kurban yang dibagikan ke PWNU Jatim dibeli Prabowo dari peternak binaan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah NU.

"Sapinya jenis simental seberat 700 kilogram. Selain berkurban, ini wujud pemberdayaan terhadap peternak binaan NU. Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gerindra dalam hal itu," kata Wakil Sekretaris PWNU Jatim Syukron Dossi.

Para pimpinan pondok pesantren yang menerima hewan kurban Prabowo ini juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas pemberian hewan kurban tersebut.

Hal ini dinilai sebagai bentuk perhatian Prabowo Subianto kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pondok. 

Untuk itu, seluruh elemen masyarakat di lingkungan pondok merasa sangat terbantu dengan adanya pemberian sapi tersebut.

Penyaluran hewan kurban tersebut akan menjadi bagian penting dalam merayakan Lebaran Besar dan memastikan bahwa keluarga pesantren dapat turut merasakan sukacita dalam momen berkah ini.

Selain itu, peternak sapi yang menjual sapi juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih karena sapi terbaiknya menjadi pilihan Prabowo Subianto sebagai hewan kurban di pondok pesantren.

Peternak sapi tersebut juga merasa bangga karena sapi tersebut menjadi pilihan Prabowo Subianto untuk diberikan kepada masyarakat di pondok pesantren.

Adapun pondok pesantren yang menerima hewan kurban dari Prabowo, yaitu Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Pondok Pesantren Langitan, Pondok Pesantren Sidogiri, Pondok Pesantren Nurul Jadid, Pondok Pesantren Syaichona M. Kholil, Pondok Pesantren Walisongo, Pondok Pesantren Tebu Ireng, Pondok Pesantren Sunan Drajat, dan Pondok Pesantren Genggong Probolinggo.