Manuver Luhut Rebut Golkar  Dipengaruhi Hasrat Jokowi Jadi Dewan Penasihat?

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Joko Widodo/Net
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Joko Widodo/Net

Kondisi internal Partai Golkar yang semakin memanas akibat manuver Luhut Binsar Pandjaitan, disinyalir tidak terlepas dari keinginan Presiden Joko Widodo untuk duduk sebagai petinggi partai berlogo pohon beringin itu. 


Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengamati, Luhut dijadikan alat oleh Jokowi untuk menjaga kekuasaan setelah purnatugas pada 2024.

"Bisa saja Jokowi jadi Ketua Dewan Penasihat Golkar kalau Luhut mampu mengambil alih kursi ketum dari Airlangga Hartarto," ujar Jerry melansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/7).

Bukan cuma melalui tangan Luhut, Jerry juga memandang hasrat politik Jokowi dalam menguasai Partai Golkar juga tampak dari politisasi hukum.

"Jangan-jangan pemeriksaan Airlangga di Kejaksaan Agung kemarin ada keterkaitan dengan (upaya) mengambil alih Golkar," sambungnya.

Jerry meyakini kisruh internal Partai Golkar menguat ketika Luhut bersama Bahlil Lahadalia menyatakan siap menjadi ketum.

"Tapi pertanyaannya, kontribusi Luhut di Golkar apa? Belakangan dia malah main aman, dengan berpura-pura mendukung Bahlil jadi Ketua Umum Golkar," tandasnya.