Pohon Tumbang di Jember Makan 4 Korban Pengendara

Polisi dan BPBD Jember saat evakuasi pohon tumbang/RMOLJatim
Polisi dan BPBD Jember saat evakuasi pohon tumbang/RMOLJatim

Kecelakaan lalu lintas akibat pohon tumbang kembali terjadi jalan Desa Karang Semanding Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Akibatnya, dua orang pengendara motor terluka terkena pohon tumbang saat melintas.


"Korbannya bapak dan anak yakni Abdullah Zahri (50) dan Atika Sayidul, perempuan (19) tahun, warga Dusun Krajan Kidul Desa Gumelar Kecamatan Balung," ujar Kapolsek Balung AKP Sunarto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (14/10).

Dia menjelaskan kecelakaan lalulintas akibat pohon tumbang terjadi saat hujan disertai angin kencang, pada Jumat (13/10) sore. Saat itu korban bernama Abdullah Zahri mengendarai Honda Beat berboncengan dengan anaknya Atika, untuk kembali ke pondok pesantren.

Namun dalam perjalanan terjadi hujan dengan intensitas sedang yang disertai angin kencang. Meski demikian dia tetap memacu sepeda motornya supaya segera sampai di pondok.

Sesampai di TKP di Desa Karang Semanding tiba-tiba pohon besar yang berada di utara jalan  langsung roboh dan menimpa sepeda motor korban. Korban langsung dibawa ke Puskesmas setempat.

"Tadi malam, salah seorang korban (Abdullah Zahri) harus dirujuk ke RSD Balung, karena 2 kali muntah-muntah, diduga gegar otak ringan," ujarnya.

Usai menolong korban, pihak kepolisian bersama BPBD dan relawan kemudian mengevakuasi pohon tumbang yang melintang di jalan raya tersebut. Sebab, akibat peristiwa itu jalan macet total.

Dengan kekompakan dan kecepatan para relawan dan BPBD dan pihak kepolisian, saat itu juga pohon berhasil dievakuasi dan arus lalu lintas kembali lancar.

Sementara Kanit Kecelakaan Lalulintas Satlantas Polres Jember Iptu Edy Purwanto, mengimbau pengendara kendaraan roda dua dan roda 4 untuk waspada akibat masa pancaroba, perubahan musim kemarau ke musim penghujan ini.

Sebab, dalam sepekan ini telah terjadi 2 kali kecelakaan lalulintas akibat pohon tumbang. Pertama terjadi di Kawasan Gunung Gumitir Desa Sidomulyo. Kedua terjadi di Desa Karang Semanding Balung.

"Saat ini sudah memasuki masa pancaroba, sudah mulai terjadi hujan disertai angin kencang, yang berpotensi terjadinya pohon tumbang dan jalanan licin. Juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas di jalan," katanya.

Sebelumnya, dua orang pengendara Mobil Pick up L300 terluka akibat pohon tumbang pada kilometer 33 di Jalan Raya Gunung Gumitir Dusun Curahdamar Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Minggu (8/10) malam.

Keduanya bernama Sugiono (42) tahun dan Ahmad Lutfi (40), warga Dusun Kedungbaru Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi.