Momentum HSN 2023, Pengurus NU dan Banom NU Jember Ziarahi Makam Para Pejuang NU Serentak di  31 Kecamatan

Foto: rangkaian kegiatan Hari santri Nasional serentak di 26 Kecamatan di Kabupaten Jember.
Foto: rangkaian kegiatan Hari santri Nasional serentak di 26 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Menyambut momentum  Hari Santri Nasional ( HSN) 22 Oktober 2023, Pimpinan  Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU) Jember Bersama Jajaran  pengurus Kecamatan hingga ranting di 26 Kecamatan  Ziarahi  makam para pendiri dan  pejuang NU secara serentak di daerah masing-masing. Kegiatan ini juga diikuti  Badan Otonom (Banom) NU di semua tingkatan kepengurusan dari Kabupaten, Kecamatan hingga level Ranting atau Desa. Selain itu mereka ada yang Menggelar karnaval Budaya santri, yang juga dirangkai dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.


"Kami jajaran Pimpinan Cabang GP Ansor Jember, bersama PCNU Jember melakukan ziarah ke makam ulama paling berjasa bagi berdirinya NU di Kabupaten Jember. Diantaranya Ke makam Mbah Shiddiq di Kaliwates, makam KH Khotib Umar di Sumberwringin ( Mantan Rois Syuriah PCNU Jember) di Sukowono, makam KH Dhofir, makam KH Muchit Muzadi ( Mantan Pengurus PBNU), ada juga yang ke makam Habib Sholeh Tanggul dan tokoh lainnya yg sangat berjasa bagi NU dan negara," ucap Ketua PC. GP Ansor Jember, Izzul Ashlah, S.E, M.Akun," dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin ( 16/10). 

Menurutnya kegiatan ini sangat penting dan bagian dari Napak tilas perjuangan para tokoh NU Jember, pada masanya. Hal ini untuk mengingat kembali perjuangan dan pemikiran para Muasis NU di Jember, karena sebenarnya terdapat banyak tokoh NU di Jember yg juga memiliki peran di tingkat nasional. Pihak  ingin warga NU di Kabupaten Jember bisa meneladani dan mempelajari pemikiran para tokoh NU asal Jember, termasuk pengorbanan para pendiri NU di level kecamatan dan level desa yg selama ini belum mendapatkan perhatian.

"Kami berharap pengurus NU dan Banomnya, bisa semakin memahami dan meneladani peran para tokoh NU di wilayahnya masing-masing," jelas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi)  Universitas Islam Jember ini.

Sementara itu, ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ( MWCNU), KH, Ahmad Danial LC, dalam rangkaian peringatan HSN, pihaknya sudah menziarahi 50 Kyai dan Bu Nyai, yang tersebar di 7 Desa di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, dalam sehari. 

"Mereka para kyai dan Bu nyai yang rela berkorban dan berjuang tegaknya ajaran Islam ahlussunah waljamaah ala nahdiyah di wilayah masing -masing," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, lanjut dia, pengurus MWCNU Mayang ( sebutan pengurus NU di tingkt kecamatan, memberikan piagam penghargaan kepada ahli waris, untuk mengingat jasa-jasanya dan menjadi cambuk semangat bagi pengurus untuk mengikuti jejaknya, yakni berjuang keras dengan ikhlas.