Apel Hari Santri Nasional 2023 di Alun Alun Caruban, Pj Bupati Madiun Ajak Santri Jihad Lawan Kebodohan

Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 di Alun alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun/Ist
Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 di Alun alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun/Ist

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto didaulat menjadi Pembina Apel Hari Santri Nasional 2023 di Alun-Alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun, Minggu (22/10). Dalam sambutannya, Tontro mengajak seluruh santri bersama-sama berjihad melawan kebodohan. 


“Sejak ditetapkan tahun 2015 kita setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan hari santri dengan tema yang berbeda. Pada tahun 2023 ini, temanya Jihad Santri Jayakan Negeri. Tema ini mengajak semua untuk terus semangat dan dedikasi hari santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan,” kata Tontro dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Tampak hadir diantaranya mantan Bupati Madiun Ahmad Dawami, mantan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, dan Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono bersama pimpinan DPRD Kabupaten Madiun lainnya.

Menurut Tontro, santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak mengenal lelah, mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama para santri.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual merupakan cara untuk membela nilai keadilan, perdamaian dan pengetahuan.

“Dan santri sebagai teladan dalam menjalani jihad ini. Untuk itu buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan para santri memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya ilmu pengetahuan,” ujar Tontro.

Di akhir sambutanya, Tontro mengajak peserta apel peringatan Hari Santri 2023 mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang syahid di medan perang demi kemerdekaan bangsa Indonesia dan kemaslahatan agama.(Adv)