Ratusan Pemuda Bentuk GEN Jatim, Serukan Pemilu Damai

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ratusan pemuda dari seluruh Jawa Timur yang tergabung dalam Generasi Emas Nusantara (GEN) Jawa Timur mendeklarasikan pelaksanaan pemilu 2024 yang damai, jujur dan jujur.


Ikrar deeklarasi dibacakan secara bersama yang dilanjutkan dengan penandatanganan oleh perwakilan GEN kabupaten/kota se-Jawa Timur. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu yang damai, jujur, adil, dan bermartabat.

"Kami berkomitmen menjaga agar Pemilu 2024 jujur, adil dan jauh dari kecurangan. Para politisi harus melakukan kerja politik yang bermartabat dan menjunjung norma yang berlaku," kata ketua GEN Jawa Timur Muhammad Romli, usai acara pengukuhan pengurua GEN Jatim di Surabaya, Minggu (26/11).

Romli menjelaskan, sedianya, GEN Jatim hadir sebagai wadah para generasi muda untuk memperkuat jejaring di multi sektoral serta ruang edukasi. Untuk itu, GEN Jatim merasa terpanggil menjaga agar jalannya Pemilu 2024 berlangsung secara damai, jujur dan adil.

"Tugas kita, para pemuda harus ikut menyadarkan dan menjaga elemen masyarakat dari paparan hoax dan ujaran kebencian, untuk menghindari konflik dan perpecahan di tahun politik saat ini," seru Romli.

Romli mengingatkan, peran generasi muda dalam demokrasi di Indonesia cukup strategis, generasi muda memiliki andil penting dalam rangka mewujudkan sistem demokrasi yang ideal dan mampu membawa kemajuan bagi bangsa.

"Generasi muda memiliki peran penting sebagai pelaku sekaligus pengawas dari jalannya demokrasi di Indonesia. GEN Jatim hadir untuk memperkuat itu semua," tegasnya.

Menurut Romli, peran aktif generasi muda di era digitalisasi seperti saat ini dapat diimplementasikan melalui berbagai hal, seperti  meningkatkan literasi digital masyarakat. 

"Kami, para anak muda memiliki peran strategis untuk menjadi pusat kemajuan bangsa, Sebuah bangsa yang maju dapat dilihat dari generasi mudanya," tutup Romli.

Sekadar diketahui, GEN Jatim merupakan organisasi kepemudaan non profit, GEN Jatim terbentuk atas kesamaan pandangan tentang betapa pentingnya para generasi muda untuk kemajuan bangsa.