Kyai Jatim All in 02: Berikut Daftar Kiai Khos Yang Hadir Sholawat dan Doakan Prabowo-Gibran Sekali Putaran

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Gelombang dukungan kiai khos dan alim di Jawa Timur kepada Paslon 02 Prabowo Gibran, tak terlepas dari Khofifah effect.


Begitu Ketua PBNU non aktif dan sekaligus Ketua PP Muslimat NU ini berlabuh dan menjadi juru kampanye nasional (Jurkamnas) TKN Prabowo Gibran, langsung diikuti para kiai di Jatim.

Sebut saja KH M Anwar Manshur, yang merupakan cucu pendiri Ponpes Lirboyo KH Abd Karim, ini. Pengasuh tertinggi Ponpes Lirboyo ini secara khusus datang di acara selawatan dan doa bersama Prabowo Gibran di Jatim International Expo (JIEX) Jalan A Yani 99 Wonocolo Surabaya, Jumat (9/2/2024) kemarin.

Deretan kiai khos dan alim lainnya juga muncul di barisan Paslon 02. Antara lain, KH Fuad Noerhasan, Pengasuh Ponpes Sidogiri, Pasuruan.

Mereka berdua secara bergiliran memanjatkan doa diamini puluhan ribu massa jemaah solawatan yang hadur. Kiai Anwar Manshur, kemudian KH Fuad Noerhasan, dan KH Anwar Iskandar, Rois Syuriah PBNU, yang juga pendiri Ponpes As Saidiyaj, Kota Kediri ini, membacakan doa khusus.

"Kabulkan Prabowo Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI, di Pemilu 2024, dan Bu Khofifah Indar Parawansa, jadi Gubernur dua periode," ujarnya.

Dengan kehadiran tokoh kiai khos dan alim di Jawa Timur, ini tentu akan diikuti oleh masyarakat NU yang berprinsip nderek kiai (ikut kiai,red).

Sedikitnya 31 juta lebih pemilih yang masuk di daftar pemilih tetap (DPT) akan menggunakan suaranya di Pemilu dan Pilpres 2024, besok.

Ketua TKD Jatim Prabowo Gibran, Boedi Prijo Suprayitno, mengkalkulasi berdasarkan arah dukungan warga Jatim yang didominasi oleh dua organisasi besar NU dan Muhammadiyah.

Taruhlah warga NU Jatim dari 41 juta total penduduk Jatim, 60 persennya adalah warga NU atau sekitar 24 jutaan. Sementara itu, warga Muhammadiyah adalah 10 jutaan, atau 24 persen dari total penduduk Jatim.

Dalam survei Poltracking arah dukungan warga Muhammadiyah ke Paslon 02 adalah 42 persen, sedangkan warga NU sekitar sesuai riset Poltracking per Februari adalah 60,9 persen mendukung Prabowo Gibran.

"Maka suara dukungan Muhammadiyah ke Prabowo Gibran, berdasar total hak pilih Jatim 31 juta, maka pemiluh Muhammadiyah yang mendukung paslon 02 adalah 4,3 juta. Ditambah warga NU Jatim 60,9 persen atau berjumlah sekitar 14,616 juta maka potensi dukungan Prabowo Gibran dari NU dan Muhammadiyah di Jatim sebanyak 18,916 juta total perolehan suaranya," ujar Boedi, memprediksi.

Tak dipungkiri bahwa survei yang pernah dilakukan lembaga survei di Jatim, juga terkait dengan kepemimpinan Khofifah sebagai Gubernur Jatim yang mencapai indeks kepuasan 73,3 persen.

Beralihnya dukungan warga NU dari pasangan Amin dan Gama, belakangan begitu tinggi. 

Tercatat beberapa kiai dan pondok pesantren yang selama ini mendukung Khofifah Indar Parawansa, dipastikan mendukung Prabowo Gibran.

Khofifah Effect tentu tidak hanya kiai dan pondok pesantren saja. Swing vote, pemilih milenial, hingga profesi warga Jatim juga tinggi mendukung Prabowo Gibran sebagai impact dari Khofifah Effect tersebut.

Taruhlah, para pelaku usaha, petani, pedagang, dan jutaan UMKM di Jatim yang telah menikmati kinerja Khofifah memimpin Jatim 5 tahun terakhir.

Berikut daftar Kiai yang mendukung Prabowo Gibran di Jatim

Kh. Anwar Mansur Pp Lirboyo Kediri

Kh. Fuad Nur Hasan Pp Sidogiri

Kh. Anwar Iskandar Pp Al Amin Kediri

Kh. Abdul Ghofur Pp. Sunan Drajat Lamongan

Kh Agus Ubaidillah Faqih Langitan Tuban Kh. M. Hasan Mutawakkil Alallah Pp Genggong Probolinggo 

Kh. Asep Saifuddin Chalim Pp Ammanatul Ummah Mojokerto 

Kh. Muchlis Alawy Pp Attaroqqi Tsani Sampang 

Kh. Syafiuddin Wahid Sampang 

Kh. Abdul Hamid Mannan Pamekasan Ibu Nyai Mahfudhoh Wahab Hasbullah Pp Tambakberas Ibu Nyai Masruroh 

Kh. Hasib Wahab Hasbullah Pp Tambakberas 

Kh. Fahrur Rozi Pp An-nur I Malang 

Kh. Abdul Qodir Pp Al Qodariyah Sumenep Kh. Nurullah Pp Al Istifadah 

Kh. Ghozali Pp Lanbulan Sampang