Pembekalan Antikorupsi KPK untuk PDIP Disampaikan Firli Bahuri 

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati/RMOL
Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati/RMOL

Tiga Ketua DPP PDI Perjuangan dijadwalkan hadir dalam pembekalan antikorupsi Politik Cerdas Berintegritas (PCB) 2022 di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada hari ini, Senin (27/6).


Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati menuturkan, PCB akan dihadiri sejumlah ketua DPP PDIP.

"Sesuai konfirmasi yang kami terima tiga Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidajat, I Made Urip, dan Mindo Sianipar beserta 11 orang pengurus PDIP Pusat lainnya akan hadir secara langsung, selebihnya secara daring," ujar Ipi dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/6).

Ipi mengatakan, pembekalan antikorupsi akan langsung disampaikan Ketua KPK, Firli Bahuri pada pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB.

PDIP sendiri sebelumnya dijadwalkan menerima pembekalan antikorupsi pada Selasa lalu (7/6). Akan tetapi, jadwal ditunda karena partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini sedang ada acara internal hingga dijadwalkan ulang pada hari ini.

KPK sudah memberikan pembekalan antikorupsi kepada beberapa parpol. Yaitu kepada Partai Garuda yang dihadiri langsung oleh Ketum Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana bersama sekitar 60 pengurus DPP dan DPD Jakarta di Lantai 16 Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu pagi (22/6).

Selanjutnya pada Senin (20/6), Partai Gerindra juga sudah mendapatkan pembekalan antikorupsi dari KPK dan dihadiri Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani dan pengurus lainnya.

Selanjutnya Partai Demokrat pada Selasa (14/6). Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) absen dalam acara ini karena sedang berada di luar negeri.

Sementara, pengurus DPP Demokrat yang hadir, di antaranya Bendahara Umum (Bendum) Renville Antonio, beberapa Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen), hingga Ketua DPP Demokrat.

Kemudian, parpol yang telah menerima pembekalan antikorupsi dari KPK adalah, Partai Bulan Bintang (PBB) pada Kamis (2/6). Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra juga absen dalam acara ini. Sementara yang hadir, yaitu Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Afriansyah Noor dan pengurus lainnya.

Lalu sebelumnya, Partai Beringin Karya (Berkarya) dijadwalkan menerima pembekalan PCB pada Selasa (31/5). Namun, Berkarya juga meminta penundaan dengan alasan sedang ada persoalan di internal partai.

Sedangkan parpol yang pertama menerima pembekalan adalah, Partai Amanat Nasional (PAN) pada Rabu (25/5). Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas hadir langsung dengan didampingi oleh puluhan pengurus PAN lainnya.