Terima Komunike Urban 20, Airlangga: Tidak Ada Pending Issues

Ketua I Bidang Sherpa Track G20, Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist
Ketua I Bidang Sherpa Track G20, Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist

Komunike atau rekomendasi Urban 20 telah dirampungkan dan diserahkan kepada Ketua I Bidang Sherpa Track G20, Airlangga Hartarto, Rabu (31/8).


Komunike Urban 20 tersebut diserahkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku Chair dan Co-Chair Urban 20.

Penyerahan Komunike Urban 20 juga disaksikan oleh para delegasi negara-negara yang tergabung dalam Urban 20. Komunike Urban 20 tahun ini didukung oleh 44 Walikota yang mana merupakan Komunike Urban 20 dengan jumlah dukungan terbanyak selama ini.

“Atas nama Bapak Presiden Joko Widodo, saya selaku Sherpa menerima Komunike Urban 20 yang disampaikan Pak Gubernur Anies dan Pak Gubernur Ridwan Kamil, dan berterima kasih atas dihasilkannya Komunike Urban 20," kata Airlangga.

Menko Perekonomian RI ini menyampaikan bahwa Komunike Urban 20 menghasilkan 3 hal utama, yakni investasi kesehatan hunian, transisi energi berkelanjutan, serta pendidikan dan pelatihan. Ketiga hal tersebut akan menjadi bagian yang dipersiapkan untuk summit meeting di bulan November nanti.

Secara lebih rinci, Komunike Urban U20 menyerukan tindakan di tiga bidang utama, yakni terkait dengan investasi kesehatan dan hunian sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial untuk semua.

Membantu perkembangan transisi energi berkelanjutan, serta akses yang setara terhadap mobilitas yang berkelanjutan, dan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang masa depan lapangan pekerjaan untuk mendapatkan akses yang adil terhadap peluang kerja.

“Satu hal yang sangat baik di Urban 20 terjadi konsensus. Tidak ada pending issues. Saya mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat selaku Chair dan Co-Chair dalam Urban 20,” pungkas Airlangga dimuat Kantor Berita Politik RMOL.