Pemprov Diminta Cek Rutin Pemeliharaan Jembatan Kaca Bromo

foto/net
foto/net

Anggota DPRD Jawa Timur Mahdi meminta agar pemerintah secara rutin mengecek kondisi jembatan Jembatan kaca Seruni Poindi kawasan wisata Gunung Bromo. Menurut dia, langkah itu sangat penting untuk menjamin keselamatan pengunjung.


“Kedepan harus ada maintenance dan pengawasan yang berkala,” katanya.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Pasuruan-Probolinggo itu percaya bahwa pemerintah bisa melakukan pengawasan dengan benar. Jika memang sudah dibuka, dia yakin bahwa pemerintah sudah melakukan studi matang, sehingga kawasan itu dipastkan aman.

“Kalau sudah dibuka dan dinyatakan aman da nada pengawasan berkala tidak masalah,” jelasnya.

Dia yakin kondisi cuaca tidak akan memperngaruhi jembatan tersebut, karena bromo cukup dingin. Karena itu, yang terpenting, menurut Mahdi adalah standart keamanan dan maintenance yang berkelanjutan.

“Bromo kondisinya dingin tidak akan berpengaruh masih ada. Yang penting ada maintenance dan pengawasan berkala terkait keamanan,” jelasnya.

Jembatan kaca Seruni Poindi kawasan wisata Gunung Bromo telah rampung pengerjaanya. Saat ini jembatan yang akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Probolinggo, tengah dilakukan uji coba.

Rencananya, peresmian sekaligu pembukaan jembatan Seruni Poin akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Konsultan Individu dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ary Munandar, saat ini di kawasan jembatan masih dilakukan proses Pembangunan rest area di pintu masuk dan keluar jembatan kaca kaca tersebut.

“Tapi meski sudah rampung, peresmiannya menunggu pemerintah pusat karena itu wewenang mereka, jadi kita tunggu saja,” ujarnya, Jumat (15/12/2023).

Pemkab Probolinggo melalui laman Instagram resminya @endlessprobolinggo juga menuliskan, saat ini di jembatan Seruni Poin sedang dilakukan uji coba operasional jembatan oleh pihak Kementrian PUPR.

Uji coba itu diikuti oleh para pejabat dari Kementerian PUR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemkab Probolinggo.

“Rencana jembatan kaca Seruni Poin ini akan dibuka untuk umum setelah diresmikan Presiden Joko Widodo. Untuk peresmianya rencananya dilakukan pada Januari 2024 akan datang,” tulis Pemkab Probolinggo, melalui laman resminya.