Drawing Piala Asia 2023 Indonesia Hadapi Vietnam, Jepang dan Irak, Ketum PSSI: Kita Punya Kualitas untuk Bikin Kejutan

Ketum PSSI, Erick Thohir, bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan pelatih Shin Tae-yong usai menyaksikan proses drawing Piala Asia 2023/PSSI
Ketum PSSI, Erick Thohir, bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan pelatih Shin Tae-yong usai menyaksikan proses drawing Piala Asia 2023/PSSI

Timnas Indonesia berada di grup yang cukup berat saat melakoni Piala Asia 2023. Bagaimana tidak, berdasarkan hasil drawing pada Kamis malam (11/5), Tim Merah Putih bergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam, dalam perhelatan yang akan digelar di Doha, Qatar itu.


Jepang dan Irak jelas akan jadi lawan terberat bagi Indonesia. Meski tetap tidak bisa menyepelekan Vietnam yang juga kerap menyulitkan Tim Garuda.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang menghadiri langsung drawing di Doha bersama pelatih Shin Tae-yong, apapun bisa terjadi selama 90 menit pertandingan.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah," kata Erick dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (12/5).

Lanjut Erick, Vietnam adalah rival Indonesia di kawasan Asia Tenggara, yang performanya di Asia sangat baik.

"Semua lawan yang tangguh tapi tim kita pun punya kualitas untuk membuat kejutan," tegas Erick.

Erick yakin skuat besutan Shin Tae-yong tetap berpeluang untuk bersaing dan memberi kejutan.

"Ini adalah keikutsertaan kita kelima kali di Piala Asia dan kita sudah sejak 2007 absen dan baru bisa kembali lagi ke Piala Asia. Kesempatan ini mesti kita manfaatkan dengan berjuang hingga pluit akhir," tandas Erick.

Berikut hasil drawing Piala Asia 2023

Grup A: Qatar, China, Tajikistan, Lebanon

Grup B: Australia, Uzbekistan, Suriah, India

Grup C: Iran, UEA, Hong Kong, Palestina

Grup D: Jepang, Indonesia, Irak, Vietnam

Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Bahrain, Yordania

Grup F: Arab Saudi, Thailand, Kyrgyzstan, Oman.