Besuk Napi di Lapas, Seorang Perempuan Bawa Bakso Isi Sabu

Barang bukti yang diamankan
Barang bukti yang diamankan

Seorang perempuan asal Tulungagung berinisial NDA ini cukup bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, dia mengisi baksonya dengan serbuk putih yang diduga sabu-sabu.


"Bakso berisi diduga narkotika jenis sabu coba diselendupkan perempuan berinisial NDA ke Lapas Tulungagung pada Selasa (4/ 7) sekitar pukul 14.30 WIB,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari.

Menurut Imam, NDA memanfaatkan pelayanan kunjungan untuk memuluskan rencana penyelundupan narkotika itu. Namun, berkat ketelitian dan kejelian petugas, aksi NDA berhasil digagalkan.

“Petugas Lapas Tulungagung curiga karena bakso yang dibawa NDA bentuknya tidak wajar, karena agak lonjong,” lanjut Imam.

Sedianya, bakso itu dititipkan untuk seorang narapidana berinisial YAN. Untuk mengecoh petugas, selain bakso, NDA juga membawa makanan lain seperti nasi dan lauk pauk.

Sesuai SOP yang berlaku, petugas pun menggeledah satu persatu bakso yang dibawa. Kira-kira ada 15 bakso yang digeledah. 

Ketika bakso dibuka, muncul plastik berwarna hitam. Di dalamnya terdapat serbuk putih diduga paket sabu yang dibungkus plastik bening.

“Petugas menemukan sekitar 10 paket diduga sabu dengan berat bruto 4,32 gram,” jelasnya.

Atas temuan tersebut, Lapas Tulungagung langsung berkoordinasi dengan Resnarkoba Polres Tulungagung guna penyelidikan lebih lanjut. Pihak lapas juga kooperatif dengan memberikan ruang dan waktu untuk penyidikan warga binaannya yang diduga terlibat.

“Saat ini pihak kepolisian sedang melakukan pengembangan, untuk informasi lebih lanjut bisa konfirmasi ke pihak Polres Tulungagung,” tuturnya.

Imam mengapresiasi capaian dari lapas yang dipimpin R. Budiman Priatna Kusumah itu. Namun, pria asal Pamekasan itu juga menginstruksikan agar pengawasan penitipan barang ke dalam Lapas Tulungagung terus diperketat dan selektif. Hal ini guna memberantas upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas.  

“Komitmen kami jelas, tidak akan membiarkan adanya penyelundupan ataupun pengendalian narkotika ke dalam lapas,” tegas Kakanwil.